Tuesday, November 13, 2012

Ide Bisnis tahun 2012

Ide bisnis merupakan kata-kata yang pasti sering anda dengar di lingkungan anda, ya banyak sekali orang yang memiliki ide-ide atau terobosan baru dalam berbisnis baik itu merupakan bisnis yang baru yang belum pernah ada ataupun ide ngenai pengembangan bisnis yang sadah ada, ide bisnis ini biasanya sangat sering terlintas di kepala anda tetapi sedikit sekali yang dapat merealisasikannya menjadi sebuah bisnis real yang ia jalani. Mengapa ide bisnis itu tidak dapat dijalankan walau sudah terpikirkan? banyak sekali faktor-faktor yang menghambat pembuatan sebuah ide bisnis menjadi bisnis real yaitu diantaranya modal, koneksi, dan keinginan pasar.

Mengapa ide bisnis sering tidak terealisasi?

Ide bisnis seseorang sebenarnya sangat banyak sekali dan bervariasi, contohnya saat ini bisnis yang sedang sangat booming yaitu rainbow cake, mengapa rainbow cake yang rasanya sama seperti kue biasa bisa menjadi sangat laku dan diburu oleh banyak masyarakat indonesia? hal ini merupakan pengembangan ide-ide bisnis yang orang lakukan untuk menarik pelanggan mencoba kue yang unik dengan warna yang bermacam-macam.
Tetapi membuat sebuah ide bisnis juga tidak semudah yang anda pikirkan, banyak sekali ide bisnis yang tidak terealisasi dikarenakan keinginan pasar yang berudah-ubah, modal, dan yang paling besar penghambatnya adalah ketakutan orang untuk memulai sebuah bisnis yang ia rancang karena takut gagal dan mengalami kebangkrutan. Semua bisnis pasti ada resiko dan sebagai orang yang berjiwa bisnis pasti anda akan mengambil resiko tersebut karena kegagalan dapat menjadi guru yang terbaik dalam berbisnis.

Bagaimana cara merealisasikan ide bisnis?

Cara untuk merealisasikan ide bisnis sangat mudah tergantung kepercayaan diri anda dalam bisnis yang ingin anda jalani, dan anda juga dapat membuat sebuah bisnis dari mulai yang kecil-kecilan untuk mengurangi resiko kerugian yang besar juga.
Misalkan anda ingin membuka sebuah restoran, apa ide bisnis yang anda buat dalam restoran tersebut? kalau hanya makanan saja semua restoran pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, yang mungkin anda lakukan dalam pengembangan restoran yang anda ingin buat adalah mungkin dengan dekorasi ruangan atau tempat makan, atau alat-alat makan diganti dengan bentuk yang unik untuk menarik perhatian pengunjung.
Seperti restoran di malaysia yang menggunakan konsep toilet, restoran tersebut merupakan restoran yang unik dan semua orang ingin mencobanya karena penasaran dan apabila orang sudah tertarik maka pengunjung akan datang terus menerut dan itu menandakan bahwa pengembangan ide bisnis yang anda lakukan berhasil menarik minat pasar.
Untuk membuat sebuah ide bisnis memang diperlukan percobaan dan riset pasar karena yang diinginkan pasar merupakan yang paling baik untuk dijalani karena target kita adalah masyarakat yang berkunjung ke bisnis yang kita buat. Oleh karena itu mulai sekarang janganlah takut untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang anda punya untuk dijadikan sebuah bisnis yang berkembang.

No comments:

Post a Comment

ipal.com