Tuesday, November 13, 2012

Perencanaan Bisnis Bagi Pemula

Perencanaan bisnis merupakan hal yang terpenting saat anda ingin membuat sebuah bisnis, hal ini lah yang akan menentukan keberhasilan anda dalam membangun sebuah bisnis. Sebuah perencanaan yang baik sebaiknya dikerjakan dengan membentuk sebuah tim yang solid dan memiliki keahlian masing-masing dalam bidang bisnis yang akan dikerjakan.
Sebuah Perencanaan bisnis sebaiknya dibuat dengan sangat matang dengan menimbang beberapa faktor diantaranya jenis bisnis yang akan dibuat, pesaing, modal, SDM, dan visi misi. Semua hal diatas harus sangat diperhitungkan ketika anda ingin membangun sebuah bisnis. Visi misi merupakan hal yang menurut saya paling penting untuk dipikirkan karena dengan adanya visi misi maka kita sudah tau bahwa perusahaan ini mau nantinya berkembang kemana dan akan mengarah kemana, dan juga dapat menjadi pengingat kita apabila sewaktu-waktu bisnis kita sudah menyimpang dari visi misi yang dibuat pada awal kali bisnis berdiri.

Pertimbangan Penting Saat Membuat Perencanaan Bisnis

Dalam membuat sebuah perencanaan bisnis banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan agar bisnis yang akan anda buat tidak mengalami kerugian atau kegagalan, banyak sekali orang yang tidak mementingkan perencanaan yang matang sebelum membuat sebuah bisnis dan pada akhirnya mengalami kegagalan karena ada suatu hal yang tak terduga.
Dalam perencanaan yang sangat harus dipertimbangkan adalah mengenai pesaing dan modal karena persaingan bisnis di indonesia saat ini sangatlah ketat dan banyak sekali orang yang membuat sebuah produk yang serupa tetapi berbeda merek, hal ini membuktikan bahwa persaingan bisnis di indonesia sangat ketat oleh sebab itu sebaiknya anda memikirkan matang-matang apabila anda ingin memulai sebuah bisnis. Pikirkanlah resiko terburuk yang akan anda alami apabila anda akan membuat sebuah bisnis, bukan untuk membuat anda mengurungkan niat untuk membuat sebuah bisnis baru tetapi agar anda sudah mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang terburuk itu.

Hal-hal Yang Perlu Dipenuhi Dalam Membuat Perencanaan Bisnis

Dalam membuat sebuah perencanaan bisnis yang baik anda harus memenuhi beberapa hal di bawah ini:
1. Adanya perencanaan mengenai bisnis yang akan dijalankan untuk jangka panjang.
2. Menambahkan ide-ide kreatif dalam membuat sebuah bisnis.
3. Membuat sebuah visi dan misi untuk perusahaan yang akan dibangun.
4. Mengidentifikasi semua kelemahan-kelemahan dari bisnis yang akan dibuat.
5. Tidak meniru matang-matang bisnis orang lain.
Kelima hal diatas merupakan hal-hal yang perlu dipenuhi dalam membuat sebuah perencanaan bisnis menurut saya, janganlah membuat sebuah bisnis yang meniru mentah-mentah bisnis orang lain karena belum tentu kita akan berhasil seperti orang yang membuat bisnis ini sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

ipal.com